Aplikasi Chat Google Hangouts Akan Dibekali Fitur SMS dan Telepon



Untuk mengejar ketertinggalannya di segmen layanan pesan ataumessaging, Google memperkenalkan Google Hangouts di ajang konferensi Google I/O 2013. Hangouts adalah layanan messaging terpadu yang akan menggantikan posisi Google Talk, Google+ Messenger, dan Google+ Hangout video chat.

Setelah resmi melenggang untuk platform Android, iOS, dan desktop, beredar kabar Google Hangouts akan segera mendapatkan update. Dilansir laman The Verge, Jumat (17/5/2013), Community Manager Hangouts and Chat Division, Dori Storbeck, menjelaskan melalui sebuah post di Google+ bahwa fitur SMS dan panggilan telepon akan segera hadir di Google Hangouts. Adapun dukungan SMS diakui sebagai prioritas utama yang tengah mereka usahakan kehadirannya.

Layanan Hangouts sendiri tersedia dalam bentuk aplikasi messaging, serupa dengan WhatsApp dan Facebook Messenger yang menjadi pesaing langsungnya. Menghadapi persaingan ini, Hangoout mengandalkan sejumlah keunikan.

Tak seperti aplikasi instant messaging pada umumnya, Hangouts tidak menampilkan daftar kontak, melainkan daftar percakapan yang paling baru. Setiap percakapan bisa diberi nama seperti sebuahchat room, bisa pula ditambahi label berupa gambar dari koleksi emoji Google.

Hangouts menyimpan percakapan di dalam jaringan komputasi awan (cloud) milik Google. Sehingga berbagai pesan, termasuk koleksi foto, tetap bisa dilihat hingga bertahun-tahun kemudian.

Saat ini, Google+ Hangouts sudah disediakan untuk pengguna perangkat Apple iOS, Google Android maupun juga web browser dengan menambahkan Chrome Extention.

Sumber

Postingan terkait: