BBM for Android’ Abal-abal Masih Mencari Korban

Menjelang peluncuran resminya, aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) abal-abal yang menyasar pengguna Android masih bergerilya. Tengok saja ke Google Play — pasar aplikasi Android — BBM palsu itu masih wara-wiri mencari korban.

Salah satu aplikasi yang disorot bernama ‘BlackBerry Messenger BBM’ yang dipublikasikan oleh pihak yang menyebut dirinya sebagai ‘BlackBerry Social’. Dalam keterangannya, mereka bahkan menuliskan email supportnya bisa dikontak di amdroid@blackberry.com.

Dilihat ini bukan BBM untuk Android yang resmi. Dan jika ditilik lebih jauh, banyak aplikasi sejenis yang bisa ditemukan di situs lain bahkan Google Play. Jadi Anda jangan sampai tertipu!

Sebelumnya, BBM palsu yang beredar di Google Play sudah pernah diungkap. Dengan iming-iming bisa chatting dengan pengguna BBM lain, aplikasi malah menjerumuskan pengguna dengan menginfeksikan malware.

Kemudian ada juga aplikasi bernama ‘BBM App’ yang dibuat oleh BBM Droid. Jika pengguna jeli maka pasti sudah mengetahaui bahwa ini adalah aplikasi palsu, namun lagi-lagi ternyata banyak pengguna Android yang terkecoh dengan aplikasi tersebut.

Memang, si pembuat tidak menyelipkan program jahat di dalamnya, tapi para korban justru merasa kesal lantaran mereka harus membayar USD 1,5 untuk mencicipi aplikasi gadungan tersebut.

Google memang sudah menghapus seluruh aplikasi BBM palsu tersebut dari toko aplikasi mereka, tapi para penipu seakan tidak kehilangan akal.

Melalui forum, jejaring sosial, dan media lainnya di internet mereka mengajak para calon korbannya untuk mengunduh APK tertentu pada situs yang sudah ditentukan. Nah, inilah yang masih harus diwaspadai para penguna Android.

Banyaknya korban yang tertipu dengan aplikasi palsu tersebut membuktikan bahwa BBM untuk Android memang amat dinanti. Tapi pengguna harap bersabar dan lebih berhati-hati, karena bocorannya tanggal 20 September 2013 menjadi hari kelahiran BBM di Android dan iOS.

Postingan terkait: