Googling Lewat PC Bisa Pake Suara

Meskipun telah menjadi situs pencarian terbesar di dunia, Google tak berhenti mengembangkan mesin pencarian online miliknya. Layanan mesin pencari Google nantinya bisa dinavigasi melalui suara.

Dalam sebuah postingan blog resmi Google Search, Amit Singhal selaku Senior Vice President Google Search menyebutkan akan ada beberapa fitur yang ditambahkan di mesin pencarian Google. Penambahan fitur ini akan diungkap pada acara Google I/O yang sedang berlangsung di Moscone West Center, San Fransisco.

Dikutip Liputan6.com dari blog Insidesearch, Kamis (16/5/2013), mesin pencari Google di desktop dan laptop nantinya bisa dinavigasi melalui suara seperti yang sekarang sudah berjalan di smartphone dan tablet berbasis Android.

Fitur ini akan bisa berjalan dengan memanfaatkan microphone yang dipasang pada perangkat komputer penggunanya. Singhal menyebut fitur ini sebagai ‘conversational experience’. Fitur tersebut akan disematkan di browser Chrome untuk desktop maupun laptop.

Google juga akan memberikan informasi terkait yang lebih banyak daripada apa yang dicari (search) penggunanya. Pemilihan informasi terkait ini diberikan Google berdasarkan frekuensi yang banyak dilihat orang.

Mesin pencarian Google juga diklaim telah diintegrasikan dengan Knowledge Graph yang diperkenalkan sejak tahun lalu. Perluasan hasil pencarian yang lebih baik bila penggunanya menggunakan bahasa spesifik seperti Polandia, bahasa Cina sederhana maupun tradisional.

Contohnya, bila pengguna mencari ‘berapa jumlah penduduk Kanada?’, maka mesin pencari Google tidak hanya akan memberi jawaban tersebut melainkan juga informasi mendalam seperti pertumbuhan penduduk Kanada waktu ke waktu hingga membandingkannya dengan tempat lain.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View ini juga menyediakan layanan Google Now yang diklaim akan memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat. Layanan ini bisa difungsikan sebagai agenda yang bakalan mengingatkan penggunanya sesuai waktu yang ditentukan. Jadwal yang dibuat bisa dilakukan hanya dengan merekamnya di ponsel atau perangkat Android miliknya.

Namun, layanan ini juga telah diintegrasikan dengan layanan lainnya milik Google seperti Map dan mesin pencarian. Jadi ketika penggunanya menuliskan agenda pulang menggunakan kereta pada waktu yang ditentukan dan tertinggal Google Now akan memberikan rekomendasi alternatif lain mulai dari kendaraan dan jalur yang bisa ditempuh lengkap dengan kondisi jalannya.

Singhal mengaku cukup antusias dengan semakin kuatnya mesin pencarian dan layanan yang dimilikinya. Ia menyebutkan kini jutaan orang bisa dapat berbagai kemudahan mengakses pengetahuan seluruh dunia hanya dengan ketukan mic maupun jentikan jarinya saja.

Postingan terkait: