Meskipun memaksimalkan kinerja iklan dengan AdSense itu menggairahkan, Anda juga harus memperhatikan pengalaman pengguna dan kebijakan program AdSense saat menempatkan iklan dalam situs Anda. Berikut ini beberapa kiat yang perlu diperhatikan:
Pertama, pikirkan baik-baik tentang pengguna Anda
Tata konten situs secara logis dan jadikan situs mudah dinavigasi.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat
memilih posisi iklan Anda:
- Apa tujuan yang ingin dicapai pengguna ketika mengunjungi situs saya?
- Apa yang dilakukan pengguna saat menampilkan laman tertentu?
- Di mana kemungkinan besar perhatian mereka terarah?
- Bagaimana cara mengintegrasikan iklan pada area tanpa menghalang-halangi pengguna?
- Bagaimana cara menjaga penampilan laman tetap bersih, rapi, dan mengundang?
Berpikirlah seperti seorang pengguna dan mungkin Anda akan melihat
laman (dan penempatan iklan Anda) dalam sudut pandang yang sama sekali
berbeda. Jika mudah menemukan yang dicarinya, pengguna akan kembali ke
situs Anda. Selain itu, pilih gaya iklan yang mudah dibaca pengguna.
Pamerkan konten Anda
Tempatkan iklan di dekat konten yang diminati oleh pengguna, pastikan
juga agar pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari.
Misalnya, jika situs Anda menawarkan unduhan, pastikan tautan unduh ada
di paro atas dan mudah ditemukan.
Karena browser dan ukuran layar bervariasi, kami juga telah menciptakan alat berguna yang memungkinkan Anda memasukkan URL dan memeriksa apakah Anda telah menerapkan iklan Anda di paro atas. Untuk menggunakannya, kunjungi as-abovethefold.appspot.com.
Menentukan unit iklan 'pertama' saat menggunakan beberapa unit
Beberapa sistem unit iklan menayangkan iklan pada setiap unit iklan sesuai dengan urutan kemunculannya dalam kode HTML. Biasanya, urutan ini sama dengan urutan unit iklan yang muncul pada laman.
Namun, jika kode Anda menggunakan tag DIV atau teknik pemosisian
lainnya, sistem kami mungkin akan mengenali salah satu unit iklan
sebagai unit pertama, meskipun tampil kepada pengguna akhir di bagian
paling bawah laman. Karena sistem kami tidak selalu mengisi semua unit
iklan pada satu laman, sebaiknya pastikan unit iklan 'utama' muncul
pertama kali di kode HTML.
Pastikan bahwa unit iklan berkinerja terbaik (RKT tertinggi) berada di posisi pertama di kode HTML untuk meningkatkan pendapatan Anda.
Buat iklan tetap tampak seperti iklan
Memilih warna iklan yang melengkapi situs Anda memang bagus, namun jangan menjajarkan gambar dengan iklan atau membuat konten yang berdekatan menyerupai format iklan tersebut. Menampilkan iklan dengan cara ini dilarang oleh kebijakan program kami.
Sebut iklan apa adanya
Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyebut iklan sebagai "sumber daya" atau menempatkannya tepat di bawah judul situs Anda,
hindari label dan tajuk yang dapat menyesatkan pengguna. Unit iklan
hanya boleh diberi label sebagai "Iklan" atau "Pesan sponsor". Selain
itu, hindari menempatkan iklan di lokasi yang dapat disalahpahami sebagai menu, navigasi, atau tautan unduhan.
Jangan berlebihan
Meskipun kebijakan kami membolehkan Anda menempatkan 3 unit iklan, 3
unit tautan, dan 2 kotak telusur pada setiap laman situs Anda,
menempatkan jumlah iklan maksimum pada laman dapat membuatnya terlihat
berantakan. Jika pengguna tidak menemukan apa yang dicari mereka di
situs Anda, pengguna mungkin berpaling ke situs lain untuk mendapatkan
informasi.
Tinjau situs Anda
Luangkan waktu untuk menjelajahi situs dan pikirkan bagaimana
pengalaman yang akan dirasakan oleh pengguna yang baru berkunjung
pertama kali. Jika Anda menggunakan pembuat kerangka untuk situs,
periksalah lebih saksama bahwa iklan, termasuk label "Iklan oleh Google"
atau "PilihanIklan", tampil dengan benar.