Praktik terbaik untuk penempatan iklan Adsense

Meskipun memaksimalkan kinerja iklan dengan AdSense itu menggairahkan, Anda juga harus memperhatikan pengalaman pengguna dan kebijakan program AdSense saat menempatkan iklan dalam situs Anda. Berikut ini beberapa kiat yang perlu diperhatikan:

Pertama, pikirkan baik-baik tentang pengguna Anda

Tata konten situs secara logis dan jadikan situs mudah dinavigasi. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat memilih posisi iklan Anda:
  • Apa tujuan yang ingin dicapai pengguna ketika mengunjungi situs saya?
  • Apa yang dilakukan pengguna saat menampilkan laman tertentu?
  • Di mana kemungkinan besar perhatian mereka terarah?
  • Bagaimana cara mengintegrasikan iklan pada area tanpa menghalang-halangi pengguna?
  • Bagaimana cara menjaga penampilan laman tetap bersih, rapi, dan mengundang?

Berpikirlah seperti seorang pengguna dan mungkin Anda akan melihat laman (dan penempatan iklan Anda) dalam sudut pandang yang sama sekali berbeda. Jika mudah menemukan yang dicarinya, pengguna akan kembali ke situs Anda. Selain itu, pilih gaya iklan yang mudah dibaca pengguna.

Pamerkan konten Anda



Tempatkan iklan di dekat konten yang diminati oleh pengguna, pastikan juga agar pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari. Misalnya, jika situs Anda menawarkan unduhan, pastikan tautan unduh ada di paro atas dan mudah ditemukan.
Karena browser dan ukuran layar bervariasi, kami juga telah menciptakan alat berguna yang memungkinkan Anda memasukkan URL dan memeriksa apakah Anda telah menerapkan iklan Anda di paro atas. Untuk menggunakannya, kunjungi as-abovethefold.appspot.com.

Menentukan unit iklan 'pertama' saat menggunakan beberapa unit

Beberapa sistem unit iklan menayangkan iklan pada setiap unit iklan sesuai dengan urutan kemunculannya dalam kode HTML. Biasanya, urutan ini sama dengan urutan unit iklan yang muncul pada laman.
Namun, jika kode Anda menggunakan tag DIV atau teknik pemosisian lainnya, sistem kami mungkin akan mengenali salah satu unit iklan sebagai unit pertama, meskipun tampil kepada pengguna akhir di bagian paling bawah laman. Karena sistem kami tidak selalu mengisi semua unit iklan pada satu laman, sebaiknya pastikan unit iklan 'utama' muncul pertama kali di kode HTML.
Pastikan bahwa unit iklan berkinerja terbaik (RKT tertinggi) berada di posisi pertama di kode HTML untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Buat iklan tetap tampak seperti iklan

Memilih warna iklan yang melengkapi situs Anda memang bagus, namun jangan menjajarkan gambar dengan iklan atau membuat konten yang berdekatan menyerupai format iklan tersebut. Menampilkan iklan dengan cara ini dilarang oleh kebijakan program kami.

Sebut iklan apa adanya

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyebut iklan sebagai "sumber daya" atau menempatkannya tepat di bawah judul situs Anda, hindari label dan tajuk yang dapat menyesatkan pengguna. Unit iklan hanya boleh diberi label sebagai "Iklan" atau "Pesan sponsor". Selain itu, hindari menempatkan iklan di lokasi yang dapat disalahpahami sebagai menu, navigasi, atau tautan unduhan.

Jangan berlebihan

Meskipun kebijakan kami membolehkan Anda menempatkan 3 unit iklan, 3 unit tautan, dan 2 kotak telusur pada setiap laman situs Anda, menempatkan jumlah iklan maksimum pada laman dapat membuatnya terlihat berantakan. Jika pengguna tidak menemukan apa yang dicari mereka di situs Anda, pengguna mungkin berpaling ke situs lain untuk mendapatkan informasi.

Tinjau situs Anda

Luangkan waktu untuk menjelajahi situs dan pikirkan bagaimana pengalaman yang akan dirasakan oleh pengguna yang baru berkunjung pertama kali. Jika Anda menggunakan pembuat kerangka untuk situs, periksalah lebih saksama bahwa iklan, termasuk label "Iklan oleh Google" atau "PilihanIklan", tampil dengan benar. 

Postingan terkait: