Google Tampilkan AirShow Live Google Pakai Balon Udara

Selalu ada yang menarik di ajang tahunan Google I/O. Salah satunya adalah sebuah balon udara yang dikendalikan dari jarak jauh, yang beredar di atas para pengunjung yang sedang menghadiri ajang tahunan milik Google tersebut.

Balon udara ini mengambil model airship menyerupai mainan remote control yang sudah banyak dipakai untuk meramaikan acara tertentu. Namun, airship yang disediakan oleh perusahaan AKQA yang bekerja dengan Google ini dilengkapi kontrol jarak jauh memanfaatkan radio standar 2.4 Ghz.

Chris Miller, seorang insinyur perangkat lunak dari AKQA bersedia menjelaskan seputar teknologi yang ada di pesawat udara mini itu.

Dilansir Engadget yang Liputan6.com kutip, Kamis (16/5/2013), Miller menyebutkan bahwa kapal udaranya ini juga dilengkapi dengan servo-controlled USB camera dan USB WiFi dongle 5 Ghz.Raspberri Pi board digunakan untuk menjalankan perangkat lunak Debian, VLC dan Python dan maupun penghubung WiFi dan dan kamera tersebut .

Kehadiran WiFi dan kamera di balon ini ternyata dimanfaatkan Google untuk menyiarkannya sebagaiAirShow Live melalui YouTube. Webcam akan merekam video sebagai Jpeg gerak berkualitas 720p dengan kecepatan 30fps.

Kendali atas kamera di balon udara ini menggunakan software Python yang dikontrol melalui PWM output di Raspberri Pi. Balon 'penguasa udara' Moscone West Center tempat Google I/O berlangsung ini ditenagai dengan baterai yang dirancang khusus dari bahan Li-polymer elektronik secara on-board.

Lihat saja situasi di Google I/O langsung di sini . Bila Anda ingin melihat seperti apa bentuk dan penjelasan detil di dalam balon udara Google, lihat saja di video berikut.

Postingan terkait: