Terintegrasi Google Earth, Maps Versi PC Bisa ke Luar angkasa

Raksasa mesin pencari internet Google menggelar konferensi tahunan Google I/O 2013 di San Francisco, Amerika Serikat. Berbagai inovasi terbaru Google diumumkan pada ajang itu, salah satunya adalah versi pembaruan dari salah satu aplikasi unggulan mereka, Google Maps.

Sebentar lagi, Google Maps tidak saja hadir untuk perangkat mobile, namun aplikasi ini pun akan tersedia dalam versi desktop PC.

Dilansir laman Mashable, Kamis (16/5/2013), Google mengumumkan versi update dari aplikasi Maps versi mobile, dan memperkenalkan Maps versi desktop PC yang akan dibekali sederet fitur unggulan. Hebatnya, Maps versi komputer meja ini telah didukung oleh dua layanan navigasi besutan Google lainnya yaitu, Google Earth dan Street View.

Dengan dukungan Google Earth dan Street View, Maps versi desktop PC mempunyai keunggulan di sisidatabase lokasi pencarian dan tentunya pencitraan yang mengagumkan. Tak ketinggalan, menjelajahi peta versi 3D ala Street View pun dimungkinkan untuk dilakukan.

Dari segi tampilan, Maps versi desktop PC memiliki antarmuka yang terlihat seperti membuka aplikasi ketimbang membukanya di laman web seperti Google Earth. Petanya menggunakan tampilan grafis yang lebih tenang dan lebih sesuai penampakan aslinya. Contohnya seperti pada tampilan air laut, Google mengubahnya dari warna biru terang menjadi gradasi warna sesuai pancaran sinar matahari di dunia nyata. Tak hanya dari sisi warna, Google juga menggunakan font Roboto khas Holo UI di perangkat Android.

Belum selesai sampai di situ, pada desktop PC yang sudah dibekali peramban atau browser yang mendukung WebGL, secara otomatis Anda dapat menikmati pemandangan bumi dari pencitraan satelit di luar angkasa.

Untuk saat ini, Google Maps versi desktop PC memang belum tersedia untuk pengguna. Namun, Anda dapat mencoba dan melihat pratinjau di tautan ini.

Postingan terkait: