Google Buat Pencarian Online Ala Star Trek

Rencana Google untuk meningkatkan layanan mesin pencarian online miliknya terealisasi juga. Di acara konferensi developer Google I/O, Google mengumumkan kemampuan terbaru layanan mesin pencariannya dengan fitur suara.

Keinginan para engineer Google agar mesin pencarian Google bisa mendapat julukan sebagai "Star Trek Computer" sebenarnya sudah lama diimpikan. Mereka berharap bisa membuat orang bertanya apapun yang ingin diketahui hanya dengan berbicara atau lebih tepatnya berbincang dengan Google Search.

Keinginan itu sepertinya sudah semakin dekat. Di ajang kumpul tahunan para developernya, Amit Singhal selaku salah satu petinggi Google Search mengumumkan kemampuan pencarian suara di semua perangkat, termasuk desktop pc dan laptop.

Kemampuan ini sebelumnya sudah dibawa perusahaan berbasis di Mountain View ini di perangkatmobile berbasis Android seperti tablet dan smarpthone secara bawaan pada versi 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas.

Pengguna laptop dan desktop bisa menambahkan fitur extension di Chrome Store jika ingin mencicipi fitur ini. Setelah extension terpasang akan muncul gambar microphone di slot yang biasa digunakan untuk mengetik kata pencarian yang diinginkan.

Impian para insinyur Google untuk mendapat predikat "Star Trek Computer" memang semakin dekat. Dikutip Liputan6.com dari Mashable, Jumat (17/5/2013), Google sedang mengembangkan hasil pencarian dengan fitur suara ini. Nantinya pertanyaan terkait dari hasil pencarian dapat dilakukan seperti sedang berbincang dengan seorang kawan.

Cara pencarian dengan obrolan ini sebenarnya sudah dipamerkan Google di tengah acara Google I/O yang sedang digelar di Moscone West Center, San Fransisco. Hanya saja fitur baru ini terlihat masih belum optimal. Mungkin Google akan membawa kemampuan 'berbincang' di mesin pencariannya pada update perangkat lunaknya kelak.

Penasaran seperti apa pencarian ala komputer Star Trek dari Google? Lihat saja di video berikut ini dan berikan penilaian Anda di komentar untuk mengetahui seberapa kuat fitur ini di mata para pencinta teknologi.

Postingan terkait: