Manfaat Konsumsi Kubis Brussel

Kandungan antioksidan, mineral dan beberapa vitamin yang ada dalam kubis brussel memberikan berbagai manfaat sehat untuk tubuh. Ketahui ulasan lengkapnya berikut ini, seperti dilansirNaturalnews.

Kaya vitamin 

Satu porsi kubis brussel ( setengah gelas) memberikan kita 20 vitamin esensial, termasuk 48 miligram antioksidan dari vitamin C, vitamin B dan vitamin A. Vitamin A membantu retina kita mendeteksi warna, sedangkan karotenoid zeaxanthin dan lutein (yang juga ada di dalam kubis) membantu menyaring cahaya sehingga retina kita tak terkena sinar ultraviolet langsung. Untuk alasan itulah, kubis brussel sangat baik untuk dikonsumsi, mulai dari pertumbuhan anak-anak atau orang dewasa yang memiliki penglihatan yang sudah memburuk.

Setengah cangkir kubis brussel juga mengandung 78 mikrogram vitamin K, vitamin larut dalam lemak yang disintesis oleh tanaman dan umumnya ditemukan dalam sayuran berdaun hijau. Vitamin K memainkan peran utama dalam pembekuan darah dan sering digunakan untuk kulit supaya mempercepat penyembuhan atau mengurangi pembengkakan. Kekurangan vitamin K dalam tubuh, bisa membuat mimisan, pendarahan menstruasi terlalu banyak dan gusi berdarah.

Memiliki sifat melawan kanker

Menurut Linus Pauling Institute, kubis brussel kaya akan glukosinolat, senyawa yang termasuk kelompok phytochemical yang disebut isothiocyanates. Glukosinolat terbukti untuk merangsang apoptosis ( kematian sel terprogram ) pada sel kanker dan juga membantu menghilangkan karsinogen dari tubuh.

Kaya serat 

Dari enam gram karbohidrat yang ditemukan dalam setengah cangkir kubis Brussel, dua gram berasal dari serat makanan. Manfaat serat sudah lama terkenal, yakni mengurangi kadar kolesterol, risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua. Selain itu, kubis brussel juga mengandung seng, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan mangan, serta protein dengan jumlah yang banyak.

Postingan terkait: