Yang Harus Dihindari Dalam Riset Keywords

Keywords research atau riset keyword adalah hal pertama yang harus di lakukan sebelum memilih suatu niche ataupun produk untuk di optimisasi. Riset keywords memegang peranan penting dalam keberhasilan bisnis online dan SEO website karena dari keywordlah bisa diukur tingkat persaingan, potensi pasar dan berapa budget yang harus anda keluarkan untk mengoptimisasi.
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan kesalahan yang harus dihindari dalam memilih keywords:
Riset Keywords

KEYWORD TERLALU GENERAL

Dalam memilih keyword biasanya orang berpegangan pada tools semacam Google Keyword Tools (GKT), Market Samurai, Keywords Elite dll tetapi semua tools itu hanyalah alat dan tetap memerlukan interpretasi dari penggunanya. Salah satu kesalahan yang paling umum dalam memilih keywords adalah memilih keywords yang terlalu general. Sebagai contoh jika anda mempunyai toko pakaian online, maka sangat keliru jika anda memilih keyword “pakaian”. Kenapa? karena keyword “pakaian” adalah keywords yang terlalu general (umum). Orang mengetikkan pakaian di search engine bukan berarti orang ingin berbelanja pakaian secara online, bisa saja orang itu hanya mencari informasi tentang pakaian, mencari model pakaian dll.

KEYWORD TIDAK RELEVAN

Kesalahan yang sering dilakukan kedua adalah keyword yang tidak relevan. Kesalahan ini dilakukan oleh orang yang bertujuan SEO maupun SEM (iklan adwords). Sebagai contoh: Hotel ABC mempunyai situs untuk booking hotel secara online dan berniat mengiklankan di Google Adwords. Berdasarkan penelusuran di GKT ditemukan bahwa keyword “paket wisata” mempunyai pencarian bulanan yang besar. Hotel ABC lalu memakai keywords untuk Google Adwords dan SEO. Pemakaian keywords yang tidak relevan akan memberikan pengalaman yang tidak bagus buat user, contohnya: Jika user mengeklik iklan adwords Hotel ABC maka user tidak menemukan produk yang dia inginkan. Karena Hotel ABC hanya menjual hotel dan bukan paket wisata. Kejadian seperti itu akan menurunkan quality score Google Adwords dan juga meningkatkan bounce rate. Jika keyword itu di SEO, maka bounce rate akan sangat tinggi. Dikarenakan user tidak menemukan apa yang mereka harapkan akibatnya Click-Thru-Rate menurun dan ranking/SERP juga turun.

KEYWORD DENGAN PERSAINGAN TERLALU BESAR

Kesalahan yang ketiga adalah memakai keyword dengan persaingan yang sangat tinggi. Persaingan yang sangat tinggi akan membutuhkan waktu dan resources (cost/biaya) yang sangat besar. Maka sebelum menggunakan keywords dengan persaingan yang sangat tinggi pikirkanlah biaya dan waktu yang anda perlukan, hitung dan simpulkan apakah biaya investasi yang anda keluarkan akan sebanding dengan hasil yang akan anda dapatkan nantinya.

KEYWORD DENGAN PENCARIAN SANGAT KECIL

Kesalahan yang keempat adalah menggunakan keyword dengan pencarian yang sangat kecil. Hal ini biasanya dilakukan oleh pemain baru dalam bisnis online yang belum mengerti cara riset keyword. Sebagai ilustrasi andaikan anda PT. XYZABC yang bergerak di bidang alat alat kesehatan dan anda mempunyai Brand XYZABC. Lalu PT. XYZABC menggunakan keywords XYZABC sebagai keywords utama dengan asumsi bahwa PT. XYZABC bisa meningkatkan brand produk PT. XYZABC. Tetapi faktanya brand produk anda tidak akan naik, kenapa? karena tidak seorangpun/sangat sedikit yang mencari dengan keyword XYZABC di mesin pencari. Solusinya adalah dengan memakai keyword yang banyak dicari orang, seperti: “alat alat kesehatan”, “alat alat kesehatan murah” dll. Dengan keyword itu maka website PT. XYZABC berkesempatan memperoleh pengunjung. Secara tidak langsung brand XYZABC juga terangkat karena para pencari mulai tahu bahwa ada nama nama alat kesehatan dengan merk/brand XYZABC.
Demikian kesalahan kesalahan umum dalam riset keywords. Semoga bisa menjadikan riset keywords anda lebih baik lagi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Yang Harus Dihindari Dalam Riset Keywords"

Post a Comment