4 Hal mengejutkan ini mempengaruhi cara kerja otak

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak. Mulai dari rajin mengonsumsi makanan sehat untuk otak atau yang biasa disebut dengan food brain hingga rajin berolahraga. Olahraga terutama yang dilakukan secara rutin akan memperlancar aliran darah ke otak. Akibatnya otak pun akan menjadi lebih sehat.



Namun tahukah Anda bahwa 6 hal yang mengejutkan ini dapat mempengaruhi bagaimana cara otak Anda bekerja?

Gen
Gen pada tiap orang berbeda-beda. Gen akan mempengaruhi susunan sel, kromosom, dan hormon yang berbeda pada tiap orang. Begitu pula dengan otak. Oleh karena itu mengapa cara orang Asia berpikir berbeda dengan orang Eropa. Selain karena kultur yang berbeda, gen yang mempengaruhi cara otak mereka bekerja pun juga berbeda.

Stres akan berdampak buruk pada otak
Setiap orang termasuk Anda memang tidak dapat terhindar dari stres karena stres adalah bagian dari siklus hidup. Namun apabila Anda terkena stres ada baiknya Anda belajar untuk mengelolanya dengan baik. Seperti dilansir dari care2.com, stres akan menimbulkan tekanan di otak. Apabila hal ini berlangsung lama dan terus-menerus maka akan menyebabkan penyusutan hippcampus atau bagian penting di otak untuk menangani stres dan juga berfungsi sebagai memori. 

Meditasi baik untuk otak Anda
Bentuk-bentuk meditasi seperti yoga dan relaksasi tidak hanya mengubah keadaan pikiran Anda namun juga struktur otak Anda. Meditasi akan merangsang aliran darah ke otak sehingga akan memperkuat jaringan saraf di otak. Selain itu meditasi akan memperkuat bagian otak yang disebut dengan korteks prefrontal sebelah kiri. Bagian ini akan membantu Anda dalam menghambat emosi negatif sehingga Anda tidak mudah binggung, marah, takut, atau sedih.

Otak Anda berlaku seperti Anda melakukannya
Oleh karena itu muncul ungkapan yang menyebutkan bahwa otak itu ibarat pisau. Apabila Anda rajin mengasahnya, maka akan semakin tajam. Namun apabila Anda jarang mengasahnya, maka akan menjadi tumpul. Begitu pula dengan otak. Apabila Anda rajin untuk mengasah kemampuan otak, maka fungsi dan daya kerja otak akan semakin maksimal.

Otak adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk Anda. Otak tidak hanya mempengaruhi cara Anda berpikir namun juga berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Hal mengejutkan ini mempengaruhi cara kerja otak"

Post a Comment