Fakta menarik tentang Fergie


26 tahun lebih, satu klub, puluhan trofi. Itulah sebagian fakta tentang Sir Alex Ferguson selama Melatih Manchester United. Ia adalah pelatih paling sukses di Britania Raya.

Seperti yang diketahui, Sir Alex sudah memutuskan untuk pensiun di akhir musim ini. Banyak hal telah ia lakukan selama menjalani karirnya di Old Trafford. Tentunya, banyak hal menarik yang bisa digali dari pelatih berusia 71 tahun asal Skotlandia ini.

Berikut adalah beberapa fakta menarik dari Fergie yang mungkin tak banyak diketahui oleh kebanyakan orang.

  • Memiliki sebuah Pub
Fergie tak melulu berkutat dengan pekerjaan di lapangan hijau.Ia pernah melakoni kerja magang sebagai pembuat perkakas dan juga pelayan toko di Glasgow, Skotlandia. Ia sempat pula membuka pub yang dinamai Fergie's, lengkap dengan bar bernama Elbow Room. Nama itu sendiri dibuat untuk mengenang gaya fisiknya ketika masih aktif bermain.
  • Terobsesi dengan tragedi John F Kennedy
Misteri tentang pembunuhan mantan presiden Amerika, John F Kennedy di awal era tahun 60an rupanya juga menarik perhatian seorang Ferguson. Saking terobsesinya, Fergie disebut memiliki salinan otopsi JFK dan bahkan kerap membacanya hingga sampai di tempat tidur. Selain itu, ia juga disebut memiliki salinan laporan investigasi pembunuhan tersebut yang ditandatangani oleh mantan presiden AS, Gerald Ford.
  • Kerap memberi tumpangan gratis pada Kenny
Ketiga Fergie masih aktif bermain bagi Rangers, ia sering memberikan tumpangan bagi Dalglish yang saat itu berharap dirinya bisa bermain bagi salah satu klub besar di Skotlandia tersebut. Akan tetapi, yang terjadi kemudian, Dalglish justru gabung Celtic. Di klub tersebut, Dalglish sempat menjadi bek tengah dan bertanding menghadapi Fergie dalam pertandingan tim cadangan.
  • Mencarikan Tukang pijat bagi PM Inggris
Fergie adalah pendukung partai buruh. Ia pun juga kerap memberikan saran pada mantan perdana Menteri Inggris, Tony Blair, tentang strategi kepemimpinan. Suatu saat, ia pernah mengatakan pada direktur komunikasi dan strategi Blair, Alastair Campbell, untuk mencarikan tukang pijat bagi atasannya tersebut. Tukang pijat itu nantinya bisa berguna untuk Blair saat ia bertarung dalam pemilu.
  • Bukan pelatih dengan durasi terlama
Fergie sudah membesut United selama kurun waktu lebih dari 26 tahun. Waktu yang sangat lama. Akan tetapi, ternyata ada pelatih lain yang pengabdiannya lebih lama ketimbang dirinya di eropa. Ia masih kalah dengan Guy Roux yang melatih Auxerre selama 44 tahun. Selain itu, ada pula rekan senegaranya yang membukukan rekor melatih lebih lama daripada Fergie, yakni Willie Maley. Ia menukangi Celtic selama 43 tahun.
  • Mahir bermain lompat tembok
Fergie kecil tumbuh di daerah miskin di kota Glasgow. Tak banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak muda saat itu selain berkelahi, sepakbola dan permainan melompati tembok yang bernama dykes. "Tembok yang berbahaya punya nama: king, queen, suicide, diamond, spiky. Kami pergi ke area berbeda dari Govan untuk menantang satu sama lain melompati dykes karena itu sangat berbahaya. Tapi itulah yang Anda lakukan saat kanak-kanak karena Anda tak punya rasa takut," ungkapnya.
  • Fergie Time berjalan 79 detik
Istilah Fergie Time tentunya sudah sangat akrab di telinga para suporter tim lain di Premier League. Fergie Time biasanya berlaku jika sampai saat 90 menit MU dalam keadaan tertinggal, wasit akan mengatur waktu tambahan cukup lama sehingga mereka nantinya akan bisa menyamakan kedudukan, dan bahkan kadang berbalik menang.

Akan tetapi, menurut sebuah analisa dari BBC, Fergie Time tidaklah terlalu berpengaruh signifikan bagi United. Setan Merah memang sering mendapatkan hal tersebut, akan tetapi, lamanya waktu tambahan hanyalah sekitar 79 detik saja, dan mereka lebih sering kalah ketimbang menang.
  • Alec atau Alex
Nama Fergie kerap dieja secara berbeda, yakni Alec atau Alex. Banyak yang menyebut Alec karena merujuk asal pelatih tersebut, yakni Skotlandia. Akan tetapi, di negaranya sendiri, banyak pula yang menyebut namanya Alex. Alhasil, keduanya kerap digunakan baik di Inggris dan juga Skotlandia.
  • Pelopor munculnya istilah baru
Istilah 'hairdryer treatment' dan 'squeaky bum time' menjadi terkenal berkat Fergie. Istilah pertama muncul jika Fergie marah pada para pemainnya, ia akan sangat marah dan membentak mereka tepat di muka dengan jarak yang sangat dekat pula. Istilah itu sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Lee Sharpe.

Sedangkan 'squeaky bum time' muncul pada Maret 2003 saat Setan Merah mampu menyalip Arsenal di akhir kompetisi yang sebelumnya berjalan menegangkan. Istilah itu sangat populer hingga Collins English memasukkannya dalam kamus mereka di tahun 2005 dengan definisi 'tahap akhir yang menegangkan dari kompetisi liga, terutama dari sudut pandang pimpinan klasemen.'
  • Memberi nama rumahnya Fairfields
Fergie selama ini tinggal di sebuah mansion di kawasan Wilmslow, Cheshire. Bangunan tersebut ia beri nama Fairfields. Nama itu sendiri berasal dari nama galangan kapal tempat ayah Fergie dahulu bekerja.


Postingan terkait: